Breaking News
Loading...
Rabu, 02 November 2016

Contoh Bagan SOP dalam Siklus Akuntansi

Gambar Bagan Siklus Akuntansi

Penjelasan
Bagan Rekening
       Daftar yang menguraikan semua rekening yang digunakan dalam pembuatan laporan keuangan. Kegiatan pembuatan bagan arus tersebut tidak terlepas dari kegiatan pengkodean.
Pengkodean Untuk membantu dalam pengumpulan maupun pemrosesan transaksi biasanya diberi suatu kode. Dimana kode adalah suatu kerangka yang menggunakan huruf atau angka (atau kombinasi keduanya) untuk memberikan tanda terhadap klasifikasi yang sebelumnya telah dibuat (bagan rekening).

Dokumen sumber
adalah dokumen yang datanya dipakai sebagai sumber pencatatan ke dalam catatan akuntansi (jurnal dan buku pembantu). Dokumen pendukung adalah dokumen yang menguatkan data yang dicantumkan di dalam dokumen sumber. Kedua dokumen tersebut menjadi dasar pencatatan dalam catatan akuntansi merupakan kluaran berbagai sistem berikut: sistem akuntansi piutang, sistem akuntansi utang, sistem akuntansi biaya, sistem akuntansi penggajian, sistem akuntansi kas, sistem akuntansi persediaan dan sistem akuntansi aktiva tetap.


Klasifikasi dan Coding (Kode akun)
dilakukan untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan, karena dengan adanya klasifikasi terhadap suatu beban dapat disimpulkan dengan mudah & cepat diindentifikasi. Pengklasifikasian kode akun telah standar dilakukan berdasarkan likuditas (kemampuan bank setiap waktu untuk membayar utang jangka pendeknya apabila tiba-tiba ditagih) dari nilai suatu aktiva dan pengklasifikasian biaya berdasarkan penggolongan atas kebutuhan pembiayaan.

Jurnal
adalah suatu buku di mana transaksi-transaksi bisnis dicatat secara ronologis pada prosedur pembukuan sebelum dimasukkan ke dalam buku besar

Posting

Posting adalah Proses pemasukkan data dari jurnal kedalam buku besar

Legder
Ledger merupakan Istilah dari buku besar, arti Ledger yang sebenarnya adalah buku atau cetakan komputer yang berisi perkiraan-perkiraan transaksi, Untuk setiap perkiraan biasanya mempunyai halaman yang terpisah.

Neraca Saldo
adalah daftar yang berisi kumpulan seluruh rekening/perkiraan Buku Besar. Neraca Saldo biasanya disiapkan pada akhir periode atau dapat juga disiapkan kapan saja untuk memastikan keseimbangan Buku Besar. Untuk menyiapkan Neraca Saldo, saldo tiap perkiraan harus ditentukan terlebih dahulu.

Neraca percobaan
Neraca Percobaan ini harus menunjukkan jumlah yang sama antara jumlah sisi debit dan sisi kredit. Neraca percobaan berguna untuk menguji ketepatan pencatatan transaksi ke dalam buku jurnal dan buku besar. Penyesuaian ini diperlukan karena sering kali perusahaan mengalami situasi dimana pendapatan yang diterima dengan biaya yang dikorbankan tidak jatuh bersamaan. Dengan dilakukannya penyesuaian terhadap beberapa perkiraan, seluruh transaksi yang dipengaruhi laba periodik dan posisi keuangan telah dicatat dan dilaporkan dalam laporan keuangan.

Neraca Lajur Sebagai Penyiapan laporan
Neraca lajur merupakan kertas berkolom (berlajur) yang digunakan sebagai kertas kerja untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan perusahaan secara sistematis. Pemakaian neraca lajur sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan. Manfaat pemakaian neraca lajur antara lain: dapat digunakan untuk memeriksa data (rekening dan jumlah saldo) yang akan disajikan dalam laporan keuangan, dapat menunjukkan bahwa prosedur-prosedur yang perlu dilakukan untuk menyusun laporan keuangan telah dilaksanakan, dan dapat mempermudah menentukan kesalahan yang mungkin dilakukan.

Penyesuaian laporan keuangan
Adapun tujuan penyusunan laporan keuangan secara singkat adalah untuk memberikan informasi yang relevan pada pihak-pihak di luar perusahaan.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 5ALLS - Tempat Sharing All Right Reserved